PNS Tipu Polisi Pinjam Uang Bayar Pakai BG Kosong

KENDAL-Meski berteman akrab, tapi jika merugikan teman sendiri dan kehilangan harta bendanya, tentu bakal panjang urusannya. Hal itu terjadi pada Wahyu Puspito Wibowo (37), pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Koperasi dan UMKM Kendal. Ia menipu rekannya sendiri, yang tak lain seorang anggota kepolisian di Kendal.

Modus yang digunakan Wahyu, yakni meminjam uang kepada rekannya dan menjanjikan akan memberikan keuntungan. Guna meyakinkan korbannya, pelaku memberikan bilyet giro (BG) dengan jumlah lebih dari pinjamannya. Nilai yang tertera pada BG tersebut cukup besar, yakni Rp 286 juta.

Karena BG tersebut tak dapat dicairkan dan telah menunggu lama, akhirnya korban melaporkan kasus tersebut ke Polres Kendal. Petugas Reskrim yang menerima laporan tersebut, langsung bertindak dan mengamankan Wahyu bersama Gunawan (42) warga Kelurahan kalibuntu, Kendal Kota yang ikut dalam aksi penipuan tersebut.

”Korbannya tak lain ialah anggota Polres Kendal. Pelaku dengan korban, sebenarnya sudah saling kenal. Tapi pelaku tega menipu temannya sendiri dengan memberikan BG kosong,” kata Kapolres AKBP Harryo Sugihhartono ketika gelar perkara di mapolres, Senin (31/3). (M Hariyanto / Aries Budi)