Blora Butuh Petugas Sampah yang Cukup Banyak Untuk Tangani Sampah

BLORA-Kepala Seksi Kebersihan dan Persampahan Dinas Pekerjaan Umum Sumaji menyatakan, pemkab kekurangan tenaga atau petugas sampah. Sebab, dengan jumlah yang ada saat ini, pengelolaan sampah belum bisa dikatakan maksimal.

”Kami masih butuh petugas sampah untuk mengurusi sampah di wilayah ini. Jumlah yang ada baru 108 orang, dan sangat kurang sekali,” kata Sumaji dikutip dari infoblora.com.

Menurut Sumaji, pemkab hanya bisa mengelola sampah dengan kemampuan yang ada. Di antaranya, memaksimalkan tujuh unit truk pengangkut sampah, dan becak pengangkut sampah sebanyak 54 unit.

”Dengan tenaga dan peralatan yang tersedia, kami bisa mengelola sampah sebanyak 198 meter kubik atau 63,46 persen setiap hari. Padahal, volume sampah setiap harinya bisa 312 meter kubik,” ujar terang Sumaji.

Kondisi tersebut, lanjut Sumaji, sekitar 36,54 persen sampah yang belum bisa ditangani. ”Sampah dari warga mencapai 312 meter kubik,” keluhnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat turut serta dalam mengelola sampah. Salah satunya, dengan memilah sampah organik dan non-organik, sehingga bisa didaur ulang menjadi barang yang bisa dimanfaatkan. (Aries Budi)