KPU Dinilai Tak Konsisten Terkait Jadwal Kampanye Terbuka

KOTA SALATIGA – Panwaslu Kota Salatiga menilai KPU tidak konsisten atas keputusan yang sudah ditetapkan, mengenai jadwal kampanye terbuka parpol peserta Pemilu 2014. Hal ini terkait dengan perubahan sistem kampanye di Salatiga yang sebelumya sistem dapil, berubah menjadi sistem satu kota.

Menurut dia, penghapusan zonasi kampanye itu juga dilakukan secara sepihak. Panwaslu menuding perubahan tersebut sebagai ketidakkonsistenan KPU dalam menetapkan jadwal kampanye.

Anggota Panwaslu Kota Salatiga Arsyad Wahyudi mengatakan, perubahan jadwal kampanye tersebut, menunjukkan KPU tidak memiliki pendirian atas keputusannya sendiri.

”Dalam memutuskan sesuatunya itu harusnya KPU jeli dan melihat dampak baik buruknya. Asal jangan seenaknya memutuskan. Hal ini bisa rawan konflik dan gesekan antarpendukung caleg maupun parpol,” katanya.

Komisioner KPU Kota Salatiga Suryanto, membantah tudingan jika KPU tidak konsisten. Sebab, kata dia, perubahan sistem dan jadwal kampanye putaran ketiga sudah disepakati oleh KPU, Bawaslu Provinsi Jateng dan pimpinan partai politik.

”Dasar perubahan kan sudah jelas. Perubahan ini hasil evaluasi pelaksanaan kampanye putaran sebelumnya dan sudah diputuskan pada rapat di provinsi. Sekali lagi, tudingan tersebut mengada-ada,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kota Salatiga Dance Ishak Palit menyatakan, pihaknya bisa menerima perubahan jadwal kampanye tersebut. Meski demikian, pihaknya meminta keamanan, dalam masa kampanye tahap ketiga lebih ditingkatkan. (Alem Savero / Ali Muntoha)