Samsung Galaxy S5, Tonjolkan Fungsionalitas

Samsung meluncurkan smartphone andalan terbaru dan pesaing utama iPhone yaitu Samsung Galaxy S5.

”Konsumen tidak ingin teknologi eye-popping (membelalakkan mata) atau teknologi yang paling kompleks,” kata JK Shin, kepala bisnis mobile di Samsung dalam peluncuran Galaxy S5, seperti dikutip laman resmi MWC 2014.

Sebaliknya, konsumen menginginkan desain yang tahan lama, kamera sederhana tapi kuat, konektivitas lebih cepat dan tanpa batas, dan telepon yang bisa membantu mereka tetap fit, lanjut JK Shin.

Antara melaporkan, Samsung Galaxy S5 mempunyai layar adaptif 5,1 inci Super AMOLED full HD yang bisa menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya. Sementara kameranya mempunyai fungsi fokus-otomatis tercepat, dibanding smartphone apa pun lainnya, yaitu hanya 0,3 detik.

 

Perangkat dengan cangkang logam itu, didukung prosesor quad-core 2.5GHz. Mempunyai antarmuka pengguna yang telah disederhanakan, dengan ikon yang lebih besar dan shortcut untuk aplikasi favorit.

Samsung menyebut fakta bahwa smartphone-nya itu tahan air dan debu. Lini smartphone Galaxy teranyar tersebut, dilengkapi baterai 2800mAh yang tahan untuk 10 jam browsing web, dengan LTE atau 12 jam pemutaran video.

Fitur Ulta Mode Power Saving di dalamnya, dapat membuat ponsel tetap hidup 24 jam dalam mode siaga. Meskipun daya baterai tinggal 10 persen terakhir, tapi fungsi-fungsi tak penting dimatikan.

Dalam hal koneksitas, Galaxy S5 mendukung untuk jaringan LTE (standar kategori 4 dan mencakup delapan band), berteknologi WiFi terbaru, yang keduanya dapat digunakan bersamaan dengan fitur Download Booster. Sebuah sensor sidik jari dapat digunakan untuk membuka kunci telepon, mengakses fungsi tertentu dan bahkan transaksi pembayaran lengkap.

Samsung mengatakan perangkat akan tersedia secara global melalui ritel Samsung, e-commerce, dan saluran operator mulai April depan. 

Menyinggung sisi kebugaran, perangkat Samsung terbaru itu bisa menampilkan on-board pemantau denyut jantung, yang oleh perusahaan Korea Selatan itu disebut yang pertama dalam jenisnya. Juga dilengkapi aplikasi S Health, yang ditingkatkan untuk digunakan bersama perangkat wearable, yang diluncurkannya beberapa hari lalu (Galaxy Gear 2 dan Gear 2 Neo).

TITIS AYU