Pesawat Tempur T-50i Mendarat Darurat Bandara Ditutup 45 Menit

KOTA SEMARANG – Bandara Ahmad Yani Semarang terpaksa menutup aktivitas bandara selama 45 menit. Hal itu dilakukan, karena sebuah pesawat tempur T-50i milik TNI Angkatan Udara, mendarat darurat, Jumat kemarin.

Pelaksana Air Traffic Control (ATC) Bandara Ahmad Yani Semarang Bakti Yuda membenarkan, jika bandara ditutup sementara. Pasalnya, penutupan tersebut karena sesuai dengan prosedur yang berlaku.

”Ditutup sekitar 45 menit, karena prosedurnya memang seperti itu. Kami minta maaf kepada masyarakat pengguna jasa di bandara harus terganggu aktivitasnya,” kata Bakti kepada Antara.

 

Menurutnya, dengan penutupan sementara Bandara Ahmad Yani Semarang, berimbas pada penundaan sejumlah penerbangan. Tidak sedikit masyarakat yang bermaksud bepergian menggunakan pesawat terbang kecewa.

”Saya harus membatalkan keberangkatan ke Jakarta. Padahal, seharusnya saya berangkat 09.45,” kata salah seorang penumpang pesawat Lion Air tujuan Jakarta Hadi Santoso.

Diketahui, pesawat tempur T-50i itu rencananya terbang menuju Bandara Iswahyudi Madiun. Namun, karena indikator pesawat menyala yang menandakan adanya gangguan, pesawat terpaksa mendarat di Kota Semarang. Setelah dilakukan perbaikan di Lanud Penerbad, pesawat melanjutkan perjalanan.

ARIES BUDI