Perampok Lintas Kota Dibekuk

KOTA SEMARANG – Tim gabungan Polda Jateng dan Polres Wonosobo meringkus 10 pelaku perampokan antarkora. Mereka diduga telah beraksi di sejumlah kota di Jawa Tengah, di antaranya Grobogan, Kudus, dan Wonosobo. 

Kapolda Jateng Irjen Pol Dwi Priyatno mengungkapkan, sepuluh pelaku terdiri atas lima pelaku lokal dan lima pelaku undangan. Pelaku lokal bertugas mencari sasaran, memantau lokasi, dan memberi gambaran lokasi. Sedangkan lima pelaku undangan bertindak sebagi eksekutor.

 

”Sekali beraksi, paling tidak lima lokasi menjadi target perampokan mereka. Dalam beraksi, mereka juga dibekali senjata api untuk menakuti korbannya,” kata kapolda, kemarin.

Aksi mereka yang terakhir, tambah kapolda, di Kudus dan Wonosobo pada 4 Februari 2014 lalu. Hasil yang mereka dapat senilai Rp 135 juta. Bahkan, mereka sempat menembak salah satu korbannya.

Kapolda menambahkan, dari tangan pelaku, petugas mengamankan enam pucuk pistol jenis FN rakitan, 94 butir peluru, dan satu unit mobil Daihatsu Terios yang digunakan untuk beraksi. Dalam pemeriksaan awal, mereka terlibat dalam perampokan gudang makanan produk Nestle CV Krisna Pratama, di Jalan Lingkar Selatan Desa Jatiwetan, Kecamatan Jati Kudus beberapa waktu lalu.

TRI WURYONO / ARIES BUDI