Pemrov Jateng Bantu Korban Longsor Kudus Bertransmigrasi

KUDUS – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyatakan siap membantu warga korban bencana untuk bertransmigrasi. Puluhan warga Kecamatan Gebog yang terkena bencana longsor beberapa waktu lalu, akan difasilitasi.

”Hasil koordinasi dengan Disnakertransduk Provinsi Jateng, pemprov menyetujui pengajuan 50 keluarga korban bencana untuk bertransmigrasi,” ujar Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Kudus Catur Widiyatno, Jumat (28/2).

Kepada Antara dia mengatakan, atas persetujuan tersebut pihaknya menindaklanjuti dengan melakukan pendataan.  Proses tersebut dilakukan terhadap warga yang benar-benar siap melakukan transmigrasi.

 

Sebetulnya, kata Catur, pihaknya telah mengajukan bantuan Pemerintah Kecamatan Gebog untuk melakukan pendataan. Namun karena belum juga ada laporan, dia menerjunkan dua petugas untuk mendatanya.

”Berdasarkan pengajuan, warga yang hendak difasilitasi keberangkatannya bertransmigrasi sebanyak 50 keluarga yang berasal dari Desa Rahtawu,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini alokasi yang diterima Kudus hanya 10 keluarga yang mengikuti program transmigrasi. Akan tetapi, karena faktor bencana, maka mereka diprioritaskan dan bakal menjadi pengalaman yang pertama di Kudus.

”Biaya keberangkatan akan ditanggung Pemprov Jateng, demikian halnya biaya pelatihan sebelum diberangkatkan,” ujar Catur. Dia memperkirakan, pemberangkatan mereka baru bisa dilakukan pada akhir 2014.

SUWOKO