Bilboard Caleg Golkar di Rembang ”Terlindungi”

REMBANG – Bilboard  bergambar caleg dari Partai Golkar Dwi Hartanto aman dan lolos dari penertiban alat peraga kampanye (APK). KPU Rembang menganggap bilboard caleg DPR RI asal Jakarta Utara itu tak masuk kategori peraga kampanye.

Padahal di sejumlah daerah lain, baliho caleg nomor urut 4 Dapil Jateng III itu, telah ditertibkan. 

Komisioner KPU Rembang Maftuhin mengatakan, pihaknya telah melakukan kajian dan pengamatan terhadap baliho yang dipasang di bilangan Jalan Diponegoro tersebut. Ia menyebut, baliho tersebut bisa menjadi bagian dari alat kampanye, jika menyebutkan visi misi dan parpolnya.

 

”Sepanjang itu semua belum bisa mengerucut kearah sana (ketentuan APK), maka pengertian kampanye belum bisa kita terjemahkan. Yang bersangkutan juga tidak menyantumkan dia mau nyalon apa. Meskipun secara eksplitit menuju ke arah kampanye, karena kita bisa melihatnya di daftar caleg,” ujar Maftuhin kepada Koran Muria, kemarin.

Ia menjelaskan, pemasangan baliho hanya diperbolehkan untuk parpol. Sehingga yang berhak membuat atribut kampanye dari baliho adalah parpol bukan para caleg. Apalagi sampai membuat bilboard yang ukurannya lebih besar dari baliho. 

Selain itu baliho itu juga hanya berisi tentang visi dan misi parpol dan tidak dilarang ditumpangi kepentingan promosi dari salah satu caleg anggota parpol.

”Sebab bagi anggota parpol yang maju sebagai caleg sudah disediakan alat kampanye dalam bentuk spanduk. Kami yakin tentunya hal ini sudah dipahami oleh parpol maupun caleg peserta pemilu,” katanya.

Maftuhin menegaskan, pemasangan APK berupa baliho memiliki ketentuan. Yakni satu desa, hanya diperuntukan satu baliho. Jika terjadi pelanggaran, maka pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Panwaslu dan Pemkab Rembang. 

AHMAD FERI / ALI MUNTOHA