Babon Cs Diringkus saat Razia

KOTA SEMARANG – Pelarian gerombolan perampas motor ini harus berakhir saat polisi menggelar razia gabungan di kawasan Pedurungan, Jumat (28/2) dinihari. Para pelaku yang berjumlah 12 itu ditangkap hanya beberapa jam setelah merampas sepeda motor Yamaha Jupiter di Jalan Alteri Soekarno-Hatta.

Aksi perampasan yang dilakukan Babon cs terjadi pada Jumat (28/2) sekitar pukul 02.30. Korban, Dwi Sasongko (25) warga Kaligawe yang berboncengan dengan Kusharyanto mengendarai Yamaha Jupiter H 6918 YH tiba-tiba dipepet kawanan pelaku yang mengendarai empat motor matic saat melintas di dekat SPBU MAJT.

Sempat terjadi saling tendang sebelum akhirnya korban jatuh tersungkur. ”Mereka langsung mengeroyok saya. Salah satu ada yang memukul menggunakan gasper sebanyak dua kali dan mengenai kepala saya,” tutur Dwi Sasongko, kemarin.

 

Dengan kondisi kepala bocor, korban bersama rekannya kabur dan meninggalkan motor mereka. Beberapa saat kemudian Dwi sempat kembali lagi ke lokasi di mana dia meninggalkan motornya. Ternyata motor tersebut sudah raib dibawa pelaku. Selanjutnya dia melaporkan kasus itu ke Polsek Gayamsari.

Beruntung, Dwi sempat mencatat nomor polisi salah satu motor pelaku, Mio Soul H 4681 CP. Berbekal keterangan korban, polisi memburu komplotan Babon cs hingga akhirnya berhasil meringkus Bobby yang terjaring razia di Pedurungan.

”Saya takut saat ada razia dan berusaha kabur, tapi malah jatuh karena nabrak trotoar,” tutur Bobby saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang.

Kapolrestabes Kombes Djihartono mengatakan, komplotan ini memang sudah masuk dalam daftar operasi polisi. ”Mereka kami duga juga melakukan aksi serupa di tempat lain. Kami masih melakukan pengembangan,” katanya.

Setelah menangkap Bobby, 11 pelaku lainnya diringkus di beberapa tempat berbeda. Saat ini polisi juga masih memburu satu pelaku yang sudah diketahui identitasnya. 

TRI WURYONO / SUWOKO