26 KK Dusun Kemloko Diungsikan

KENDAL – Sebanyak 26 kepala keluarga (KK) yang ada di Dusun Kemloko RT 04, RW 03, Desa Mojoagung, Kecamatan Plantungan harus diungsikan. Pasalnya, tanah dusun mereka ambles sedalam 1,5 meter, dan membahayakan jika tetap dijadikan tempat tinggal.
Oleh pemerintah setempat, mereka diungsikan di Balai Desa, karena beberapa rumah warga ada yang sudah rata dengan tanah. Kepala Desa Mojoagung Samsul Ma’ari  mengatakan pergerakan tanah sudah terjadi sejak Sabtu (1/2) lalu. Bahkan, akibat hujan deras yang turun hampir setiap hari, membuat pergerakan tanah semakin parah dan meluas.

”Awalnya masih bisa diantisipasi, karena tanah yang ambles baru kategori ringan. Dari 43 KK yang menghuni Dusun Kemloko, 26 KK harus diungsikan,” jelas Samsul kepada Koran Muria, Jumat (7/2).
Salah satu korban yang rumahnya sudah rata dengan tanah, Sahri (46) menambahkan, dirinya harus mengungsi karena rumahnya tidak bisa ditempati lagi. ”Sebelumnya rumah kami sudah retak, sehari kemudian rumah kami roboh,” keluh bapak dua anak ini.
M HARIYANTO / ARIES BUDI