Prima Baru Tentukan 633 Atlet

JAKARTA – Tim seleksi Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) masih terus menyeleksi nama atlet, pelatih, manajer, serta ofisial dari 17 cabang olahraga yang diusulkan kepada Dewan Satlak Prima. Dari 1.112 nama yang diseleksi, baru 633 nama yang sudah pasti.
Padahal, hari ini Satlak Prima menjadwalkan pemusatan latihan untuk para atlet yang dipersiapkan untuk enam multieven. Sehingga mau tidak mau tim harus bekerja ekstra untuk memenuhi kuota yang ada.
Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Satlak Prima Johansyah mengatakan, saat ini pihaknya masih memfokuskan pada dua multieven terlebih dahulu.

”Kami fokuskan ke dua even (Asian Games dan SEA Games) dulu. Karena untuk beberapa multieven lainnya seperti Asian Beach Games (ABG) dan Prima Pratama untuk data keseluruhannya belum semua cabor masuk. Jadi fokus kami untuk dua even itu dulu,” kata Johansyah di halaman remsi Satlak Prima.
Johansyah menyebutkan, ada tiga kriteria yang ditetapkan tim seleksi yang berkaitan dengan penajaman atlet. Antara lain, medali emas SEA Games 2013 Myanmar, medali perunggu Asian Games 2010 Guangzhou, Cina, dan peringkat ketiga dalam ajang tunggal level Asia pada tahun 2013.
”Jadi kalau misalnya, atletnya punya selisih waktu hanya 6 persen dari juara di ajang tunggal atau 4 persen pada SEA Games 2013 Myanmar lalu, masih akan kami usulkan kepada Dewan Pelaksana Prima,” terangnya.
Nantinya, lanjutnya, hasil dari tim seleksi tersebut akan kembali disetorkan kepada Dewan Satlak Prima. ”Jadi nanti yang lolos dari tim seleksi ini bukan berarti yang otomatis berangkat ke Asian Games 2014, atau SEA Games 2015. Tapi Dewan Satlak Prima punya kewenangan untuk menambah atau mencoret usulan tersebut. Hingga akhirnya Surat Keputusan (SK) pelatnas dibuat,” tutupnya.
SUPRIYADI