Pembuktian Pemuncak Klasemen

BARCELONA – Barcelona hanya punya jeda tak lebih dari tiga hari untuk mempersiapkan diri menjamu Valencia dalam lanjutan La Liga Spanyol. Keberhasilan mendepak Levante 5-1 (agregat 9-2) pada ajang Copa del Rey dengan menurunkan pemain lapis kedua menjadi modal El Barca. Apalagi mereka akan bermain di kandang sendiri.
Laga ini juga menjadi laga penting bagi Barca. Meski berada di pucuk klasemen sementara La Liga dengan 54 poin dari 21 laga, asuhan Gerardo ”Tata” Martino itu itu hanya ungul head to head dari Atletico Madrid.
Selain itu, mereka hanya selisih satu angka di atas Real Madrid. Artinya, kemenangan wajib dipetik raksasa Catalan jika tidak ingin dikudeta oleh dua tim asal Madrid tersebut. Masalahnya, El Barca hanya punya waktu 64 jam untuk memulihkan stamina para pemain usai menyingkirkan Levante di Copa del Rey.

Di sisi lain, Valencia lebih diuntungkan karena punya waktu selama sepekan sejak bermain imbang 2-2 kontra Espanyol, akhir pekan kemarin. Apalagi tim besutan Juan Antonio Pizzi bahkan baru saja mendapatkan tenaga baru seiring kedatangan Eduardo Vargas dari Napoli dengan status pinjaman.
Penyerang asal Cile itu bahkan mengaku sudah tidak sabar untuk memberikan kontribusi bagi klub barunya tersebut. Ditambah lagi, kesempatan itu datang saat valencia menyambangi Barcelona.
”Saya harap bisa berkontribusi banyak dan membantu tim ini. Jika mampu mencetak gol demi gol serta mencapai target tim, maka itu akan lebih baik lagi. Saya tahu tentang sejarah Valencia dan para pemainnya,” kata Vargas seperti dikutip El Mundo Deportivo
Di bawah asuhan Pizzi, Valencia sudah mulai menunjukkan grafik peningkatan performa meski sempat disingkirkan Atletico Madrid di ajang Copa del Rey. Selain membidik gelar Liga Eropa UEFA, tim berjuluk Kelelawar Mestalla itu tentu sangat berharap bisa memenuhi target finis di zona Eropa pada penghujung musim La Liga.
Valencia kini berada di tangga 10 klasemen sementara dengan 25 poin. Skuad Pizzi itu tertinggal 11 angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Real Sociedad. Sayang, Kelelawar Mestalla tidak memiliki modal yang cukup untuk bisa mengatasi Barcelona setelah tidak pernah menang di Camp Nou sejak mengalahkan Raksasa Catalan itu degan skor 1-0 pada Oktober 2003 silam.
SUPRIYADI