Pembebasan Lahan Rel Ganda Tersisa 28 Lahan

GROBOGAN – Proyek pembangunan jalur rel ganda atau double track yang melintasi Kabupaten Grobogan, sedikit demi sedikit mulai ada kemajuan. Hanya saja, masih ada 28 lahan yang terkena proyek tersebut belum dibebaskan.
Kepala Bagian Pemerintahan Setda Grobogan Daru Wisakti mengatakan jalur rel ganda yang melintas Grobogan, saat ini tersisa 28 lahan dari 1.226 bidang tanah untuk pembangunan rel ganda rute Semarang-Bojonegoro. Sebelumnya, di akhir 2013 lalu pembebasan lahan menyisakan 42 lahan karena belum sepakat harganya, dan 11 lahan di antaranya karena masalah pemberkasan.

”Lahan yang belum dibebaskan ini, akan terus kami negosisasi lagi. Dari hasil sosialisasi kepada warga, sekarang tinggal 28 lahan yang belum dibebaskan. Mereka masih keberatan masalah harganya,”ujar Daru.
Menurutnya, proyek tersebut membutuhkan lahan sebanyak 1.226 bidang. Terdiri dari 1.170 lahan milik warga, 41 bidang milik kas desa, dua bidang milik Perhutani, dan 13 bidang milik dinas pengairan. Sedangkan target pembebasan lahannya sendiri, sampai akhir tahun lalu meleset. Oleh karena itu, Pemkab Grobogan kembali melakukan sosialisasi kepada warga yang belum setuju mulai awal bulan ini.
NUROKHIM / ARIES BUDI