Golkar Coba Mendekati PDIP

JAKARTA-Partai Golkar mulai melakukan pendekatan untuk membangun koalisi dengan PDI Perjuangan. Ini terlihat dari kunjungan Ketua Umum DPP Partai Golkar Abu Rizal Bakrie (ARB) ke kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Kamis (23/1) malam.
Meski ARB menyatakan, pertemuan tersebut hanya untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada Megawati, tapi ia tak menampik adanya rencana pertemuan berikutnya. Bahkan menurut dia, pada pertemuan nanti, tak menutup kemungkinan akan dilakukan pembicaraan tentang koalisi.
”Pada pertemuan selanjutnya, tentu akan lebih panjang daripada sekarang. Soal-soal pilpres kami pun siap,”  katanya, dikutip Antara, kemarin.

Ical (panggilan ARB) juga mengatakan, partainya dengan PDI Perjuangan memiliki pandangan yang sama dalam kerangka membangun bangsa. Pernyataan ini secara tidak langsung menunjukkan keinginan Golkar untuk menggandeng partai moncong putih dalam Pilpres 2014 mendatang.
”Partai Golkar dan PDI Perjuangan memiliki pandangan yang sama mengenai UUD 1945 dan pembangunan bangsa,” ujarnya.
Terlebih, dalam beberapa kesempatan juga disebutkan Golkar membidik kader PDI perjuangan Jokowi (Gubernur DKI Jakarta), untuk disandingkan bersama Ical sebagai cawapres. Jika keinginan Golkar tersebut ingin terwujud, maka satu-satunya jalan yakni berkoalisi dengan PDI Perjuangan.
Namun dalam survei internal yang digelar Golkar, elektabilitas Jokowi justru melejit di atas Ical. Dalam survei yang melibatkan 30.000 responden itu, nama Jokowi menempati posisi puncak dengan elektabilitas mencapai 26 persen. Abu Rizal Bakrie menyusul di belakangnya dengan perolehan 14,4 persen, Prabowo Subianto 10 persen, Megawati Soekarnoputri 6,9 persen dan Wiranto 6,6 persen.
”Dalam survei pilpres, posisi Abu Rizal Bakrie secara nasional ada di posisi kedua, di bawah Jokowi,” ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu Pusat Partai Golkar Sharif Cicip Sutardjo.
ALI MUNTOHA