Kemampuan Menilai Figur, Modal Pemilih Cerdas

KOTA SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, salah satu modal untuk menjadi pemilih muda yang cerdas adalah kemampuan menilai figur calon anggota DPR, DPD, DPRD, serta calon presiden dan wakil presiden.
”Kemampuan menilai untuk mengetahui visi dan misi serta program sangat penting,” kata Ganjar Pranowo saat memberikan training of trainer menjadi pemilih muda cerdas yang diadakan Center for Election and Political Party (CEPP) Universitas Negeri Diponegoro (Undip) Semarang di Semarang, Sabtu (18/1).
Untuk mengetahui visi dan misi dari para caleg tersebut, lanjut Ganjar, tidak cukup dengan melihat poster maupun baliho yang dipasang di pinggir jalan, tetapi dapat melalui kampanye.
Selain menilai dari sisi visi dan misi, menurut dia, pemilih cerdas juga harus berani menolak politik uang yang biasanya dimanfaatkan untuk meraih tujuan dengan cepat. Kalau waktunya sudah mendesak, biasanya politik uang yang akan dimanfaatkan untuk mendorong perolehan suara.

Seperti diberitakan  Antara, dalam kesempatan tersebut, Ganjar banyak bertanya kepada peserta mengenai siapa kriteria caleg yang akan dipilih.
Salah seorang pelajar dari SMA Temanggung, Siti mengaku akan memilih caleg muda dengan visi, misi, serta program yang berpihak kepada kaum perempuan.
Sementara itu, Rio, mahasiswa semester pertama Undip mengatakan, dirinya akan memilih caleg yang dapat mewujudkan seluruh janji kampanyenya. Beberapa peserta  lain lain menyatakan tidak akan menerima politik uang.
Ganjar mengakui pemikiran para peserta tersebut benar dan hal tersebut yang patut
SUMARNI