Golkar Berambisi Menang di Jateng

KENDAL – Partai Golkar berobsesi memenangi Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di Jateng. Partai berlambang pohon beringin ini, memasang target mampu merebut 20 kursi di tingkat DPRD Jateng.
Target tersebut, jauh lebih tinggi dari perolehan kursi pada Pemilu 2009 lalu. Pada pemilu sebelumnya, partai tersebut hanya mendapat 11 kursi di DPRD Jateng. Meski dengan jumlah kursi tersebut, Golkar dapat mendudukkan kadernya di jajaran pimpinan dewan. Yakni Bambang Sadono, sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng.
Namun pada Pemilu 2014 ini, Bambang Sadono tak mencalonkan diri sebagai calon legislatif. Ia memlih mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI.
Ketua DPD I Golkar Jateng Wisnu Suhardono mengatakan, pihaknya optimistis mampu merebut 20 kursi tersebut. ”Kami targetkan 20 kursi untuk DPRD Jateng, dari yang sebelumnya hanya mendapat 11 kursi,” kata Wisnu, kemarin.
Ada beberapa daerah yang akan menjadi lumbung suara Golkar. Satu di antaranya yakni Kendal yang masuk dapil Jateng I. Untuk tingkat DPR RI, pada dapil tersebut ditargetkan mampu menarik dua kursi.

”Untuk mendapatkan dua kursi tidaklah sulit, karena caleg yang ada merupakan tokoh yang sudah banyak dikenal. Caleg DPR RI yang sekarang maju pada Pemilu 2014 tidak ada yang incumben, jadi bisa memacu wajah-wajah baru yang bersaing untuk mendapatkan kursi di DPR RI,” ujarnya.
Sementara Ketua DPD Golkar Kendal Siti Nurmarkesi mengatakan, pada tingkat DPRD Kabupaten Kendal, pihaknya menargetkan meraup 12 kursi. Target tersebut juga lebih tinggi dari perolehan pemilu sebelumnya.
”Kami menargetkan ada penambahan kursi dari sebelumnya yang hanya 10 kursi bisa menjadi 12 kursi. Selain itu, keterwakilan 30 persen perempuan sudah ada di setiap daerah pemilihan,” katanya.
M HARIYANTO / ALI MUNTOHA